SYARAT dan KETENTUAN PENJUALAN

SYARAT & KETENTUAN PENJUALAN

A. Definisi & Interpretasi

Definisi dalam Lampiran 1 berlaku untuk Syarat & Ketentuan Penjualan ini.

B. Pembelian Produk

  1. Kepatuhan Anda: Sebelum menggunakan, mengakses atau memanfaatkan Platform ini, Anda sudah membaca dengan baik setiap dan seluruh Syarat dan Ketentuan ini yang antara lain berisi mengenai pedoman, pemberitahuan, aturan operasional, kebijakan dan instruksi yang berkaitan dengan pembelian produk melalui Platform dan atau Layanan yang terkait. Dan dengan melanjutkan penggunaan atau pemanfaatan fasilitas yang diberikan oleh Platform dan / atau Layanan maka Anda telah menyatakan persetujuan Anda terhadap setiap dan seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penjualan ini. Kami akan mempublikasikan setiap perubahan yang bersifat substansial atau amandemen dari Syarat dan Ketentuan Penjualan ini (apabila ada) melalui Platform dan / atau Layanan dan Anda diwajibkan untuk membaca dengan baik setiap perubahan atau amandemen tersebut sehingga apabila Anda tetap menggunakan, mengakses atau memanfaatkan Platform dan / atau Layanan, Anda dianggap telah mengetahui, memahami dan menyetujui perubahan atau amandemen tersebut. Setiap keberatan atas adanya perubahan yang bersifat substansial atau amandemen dari Syarat dan Ketentuan Penjualan ini dapat diajukan kepada kami selambat-lambatnya dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari sejak tanggal perubahan atau amandemen tersebut dipublikasikan melalui Platform dan / atau Layanan.
  2. Deskripsi Produk: kami memberikan deskripsi, harga, gambar, dan/atau informasi lainnya yang jelas dan benar mengenai setiap Produk yang ditawarkan untuk dijual kepada Pelanggan melalui Platform dan / atau Layanan. Apabila Produk yang Pelanggan pesan ternyata memiliki perbedaan dengan deskripsi, harga, gambar dan atau informasi lainnya yang diberikan oleh kami, maka Pelanggan harus mengkomunikasikan keberatan Pelanggan kepada INDOCREMA melalui layanan Kontak Customer Service kami, yang disediakan melalui Platform. Lebih jauh, ketentuan Klausal F dari Syarat dan Ketentuan Penjualan dalam hal ini berlaku.
  3. Penjual: di Catalog Produk yang dijual oleh “INDOCREMA”. Penjual tidak merujuk ke pihak lain selain INDOCREMA.
  4. Pemesanan Anda: Anda dapat memesan Order Anda dengan 2 cara : a). Langsung: dengan mengklik tombol “BELI” ikuti tahap selanjutnya ke proses checkout, dan proses pembayaran. Pembuatan Barang Pesanan Anda akan dimulai saat Dana telah kami terima dan kami telah menerima kelengkapan Desain berupa Logo, Foto Gambar dan Text yang dibutuhkan, kelengkapan tersebut dapat diupload melalui Form Unggah Bahan Desain. Kami dapat menerima Desain siap cetak atau desain yang harus kami buat terlebih dahulu. Jika Proof desain telah disetujui Pemesan, selanjutnya waktu lama pembuatan yang kami informasikan di detail Produk Catalog berlaku.  b). Membeli Tidak Langsung: dengan cara mengisi Formulir Pemesanan Order pada Platform dan kami akan melakukan percakapan elektronik dengan Anda, untuk menghitung Biaya Pembuatan Barang tersebut, kemudian kami mengirimi Anda surat Quotation / Taksiran harga Pembuatan Barang ke email Anda terlebih dahulu, yang membutuhkan persetujuan anda untuk mengklik pada tombol “Konfirmasi Pesanan”, dan kemudian Quotation tersebut secara otomatis menjadi Invoice / Tagihan kepada Anda. Selanjutnya Anda wajib mengikuti proses Checkout, proses pembayaran selanjutnya setelah Anda membayar pesanan barang tersebut, Anda wajib mengisi Formulir Konfirmasi Pembayaran dan mengunggah Bukti Transfer. Pembuatan Barang Pesanan Anda akan dimulai saat Dana Pembayaran Anda telah kami verifikasi dan kami terima serta kami telah menerima kelengkapan Desain berupa Logo / Foto / Gambar / Text yang dibutuhkan, kelengkapan tersebut dapat diupload melalui Form Unggah Bahan Desain. Kami dapat menerima Desain siap cetak atau desain yang harus kami buat terlebih dahulu. Jika Proof desain telah disetujui Pemesan, selanjutnya waktu lama pembuatan yang kami informasikan di detail Produk Catalog berlaku.
  5. Pesanan tidak dapat ditarik kembali: Semua Pesanan tidak dapat ditarik kembali setelah transmisi Bahan Desain telah lengkap dan kami berhak (namun tidak berkewajiban) untuk memproses Pesanan tersebut tanpa konfirmasi lebih lanjut dan tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Anda. Semua pesanan barang cetakan dimana kami yang membuat desainnya, kami akan mengirimkan proof desain, jika proof desain telah disetujui pemesan sesuai tanggal deadline yang kami berikan, maka selanjutnya proses pembuatan akan dimulai. Dalam hal ini, sebagaimana tercantum dalam Klausal H.1, Anda tidak dapat meminta untuk membatalkan atau mengubah Pesanan setelah 1×24 jam tanggal order dan tanggal masuknya pembayaran terhadap pesanan, telah kami terima.
  6. Pesanan :
    1. Hak kami sebagai Penjual sehubungan Pesanan:
      Semua Pesanan berdasarkan penerimaan kami sebagai Penjual dari masing-masing Pesanan diterima oleh kami (Pesanan yang diterima selanjutnya disebut sebagai “Kontrak Pelanggan”) merupakan kontrak yang tidak terpisah. Dengan ini Anda sepakat bahwa, jika Anda tidak menerima pemberitahuan bahwa kami menerima pesanan Anda dan tidak menerima surat Invoice Tagihan dari INDOCREMA yang berisi Data Pesanan Anda dan Biaya yang harus dibayar oleh Anda, maka kami sebagai penjual bukan merupakan pihak yang tunduk pada perjanjian atau janji yang mengikat secara hukum atas penjualan atau transaksi lainnya dengan Produk, dan karena itu kami tidak bertanggung jawab untuk setiap Kerugian yang mungkin terjadi sebagai hasilnya. Untuk menghindari keraguan, kami berhak untuk menolak proses atau menerima Pesanan yang diterima dari atau melalui Platform berdasarkan kebijakan kami.
    2. Kewajiban kami sebagai Penjual sehubungan pesanan: Kami sebagai Penjual harus merespon permintaan Quotation, Invoice dan Faktur pajak dan/atau Faktur lainnya berdasarkan permintaan dari pembeli baik melalui Platform ataupun email dan percakapan melalui Whatsapp, Telegram, Messenger, Instagram dan sosial media lainnya.
  7. Pemutusan oleh kami dalam hal kesalahan harga: kami berhak untuk mengakhiri Kontrak Pelanggan, dalam hal terjadi kesalahan pencantuman harga Produk pada Platform, di mana INDOCREMA sebagai Penjual akan memberitahu Anda tentang pembatalan tersebut. Atas pembatalan dari kami ini, jika Pelanggan telah membayar, maka uang pembayaran Pesanan yang dibatalkan tersebut akan dikembalikan kepada Pelanggan.
  8. Garansi Produk: tidak semua produk dalam Catalog Produk di Platform kami, mempunyai garansi. Tetapi setiap garansi sehubungan dengan Produk (“Produk Garansi”) yang dijual dengan Kontrak Pelanggan, khususnya produk yang berelektronik dan/atau yang bermekanik, harus seperti yang dinyatakan kami melalui Platform, yakni dalam “Spesifikasi” pada “Tipe Garansi” dan “Masa Garansi” atas Produk yang bersangkutan, dimana terdapat syarat dan ketentuan di dalamnya.
  9. Pengakuan Pelanggan: Anda mengakui dan menjamin bahwa Anda tidak mengandalkan dan berpegangan hanya pada setiap syarat, ketentuan, garansi, usaha, bujukan atau representasi yang dibuat oleh kami, dan yang belum dinyatakan secara tegas dalam Kontrak Pelanggan atau atas setiap deskripsi atau ilustrasi atau spesifikasi yang tercantum dalam dokumen apapun termasuk katalog atau bahan publikasi di Platform. Anda juga mengetahui dan sepakat bahwa pengecualian garansi, pengecualian kewajiban dan pengecualian remedi pada Syarat & Ketentuan Penjualan dan Kontrak Pelanggan, akan mengalokasikan risiko biaya dan Anda setuju bahwa pengecualian tersebut adalah tanggung jawab yang wajar.
  10. Tidak ada pernyataan atau jaminan: Tanpa mengurangi Klausul B.9:
    1. Tidak ada Ketentuan yang dibuat atau yang tersirat, juga tidak ada jaminan yang diberikan sebagai jangka waktu pemakaian Produk atau bahwa akan cocok untuk tujuan tertentu atau menggunakannya dalam kondisi tertentu, walaupun untuk tujuan atau kondisi tersebut dapat diketahui atau diberitahukan kepada Anda;
    2. INDOCREMA mengikatkan diri hanya untuk memberikan produk sesuai dengan gambaran umum atau deskripsi singkat tentang produk, deskripsi panjang yang mencantumkan tombol beli (untuk jumlah pembelian tertentu yang mungkin harga satuan di tombol adalah harga spesial / grosir / promo, dan tombol beli tersebut mengandung hyperlink ke halaman pembayaran) dan yang ditulis di menu tab Spesifikasi untuk keterangan tertentu yang lebih detail. INDOCREMA tidak memberikan jaminan mutlak untuk kualitas, keadaan, kondisi atau kelayakan Produk;
  1. Kekayaan Intelektual:
    1. INDOCREMA dapat menerima pesanan barang cetakan, souvenir, jahit seragam, media iklan dari Pelanggan yang mewakili sebuah perusahaan / instansi / lembaga / kantor / usaha dagang / komunitas yang menginginkan pembuatan barang pesanan yang memuat trademark, merek dagang, logo, nomor seri, label, tag, barcode atau tanda identitas lainnya, simbol, gambar, foto atau ulasan milik lembaga yang diwakilinya yang ditempelkan dalam Desain Produk. Dalam hal ini, Hak Kekayaan Intelektual ada pada perusahaan / instansi / lembaga / kantor / usaha dagang / komunitas pemesan.
    2. Pelanggan setuju dan mengakui bahwa Materi Desain Produk yang dibuat oleh INDOCREMA harus tetap menjadi milik INDOCREMA sebagai pembuat desain. Pelanggan juga setuju bahwa setiap dan semua Kekayaan Intelektual yang terkandung di dalamnya seperti tersebut dalam klausal B.11.a) atau yang berkaitan dengan Materi Desain Produk akan tetap menjadi milik tunggal dan eksklusif dari INDOCREMA. Kecuali secara tertulis dicantumkan dalam Pesanan atau persetujuan tertulis dari INDOCREMA sejak awal pemesanan, Pelanggan menyanggupi untuk mengembalikan materi desain Produk dan/atau salinannya saat proof desain telah disetujui atau perlu perbaikan kembali.

C. Pengiriman Produk

Pengiriman Produk: Pelanggan yang telah membeli/memesan Produk di Platform dan atau layanan, wajib mengisi Formulir Jasa Pengiriman yang tersedia di https://www.indocrema.co.id/jasa-pengiriman/

  1. Alamat: Pengiriman Produk harus dikirim ke alamat yang Anda tentukan dalam Pesanan Anda, kecuali disepakati lain.
  2. Biaya pengiriman & pengepakan: Biaya pengiriman dan pengepakan sebagaimana tercantum dalam Pesanan. Pelanggan wajib mengisi Formulir Jasa Expedisi yang tersedia di Platform, kemudian membayar biaya pengiriman melalui kami.
  3. Pelacakan: Anda dapat melacak status pengiriman pada halaman “Order Tracking” pada Platform.
  4. Jangka waktu pengiriman: Pengiriman produk tergantung pada ketersediaan dari produk. Kami akan melakukan segala upaya yang wajar untuk memberikan Produk kepada Anda dalam jangka waktu pengiriman yang tertera pada halaman, namun dengan ini Anda mengakui bahwa ada kemungkinan sebuah Produk menjadi tidak tersedia pada saat Platform di update atau terjadi pengkinian atas Pesanan atau Produk. Jangka waktu pengiriman yang diberikan merupakan perkiraan dan penundaan dapat saja terjadi. Jika pengiriman Produk Anda tertunda karena ketidaksediaan Produk, Penjual memberitahu Anda melalui e-mail dan Produk Anda akan dikirim secepatnya ketika telah tersedia pada kami. Jangka waktu pengiriman bukan merupakan janji dan tanggung jawab yang mengikat bagi kami, atau kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pengiriman.
  5. Penerimaan: Pengiriman Produk dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa kurir/expedisi yang ditunjuk oleh Pelanggan. INDOCREMA bertanggung jawab untuk memfasilitasi laporan/keluhan dari Pelanggan apabila Pelanggan belum menerima Produk dalam jangka waktu yang diestimasikan. Dalam hal Pelanggan belum menerima Produk dalam jangka waktu yang diestimasikan, maka Pelanggan dapat memberitahu Customer Service yang disediakan melalui Platform perihal tersebut sejak tanggal estimasi pengiriman Produk seharusnya diterima. INDOCREMA selanjutnya akan meneruskan keberatan Pelanggan kepada perusahaan penyedia jasa kurir/pengiriman yang ditunjuk Pelanggan, untuk mencari solusi yang terbaik bagi kami dan Pelanggan. Apabila Pelanggan tidak melakukan pemberitahuan dalam jangka waktu yang wajar sebagaimana yang disebutkan di atas, maka INDOCREMA menganggap Pelanggan telah menerima Produk dengan baik.
  6. Voucher dari INDOCREMA: Meskipun keterlambatan pengiriman bukan merupakan tanggung jawab INDOCREMA, tetapi jika ada keterlambatan dalam pengiriman produk, INDOCREMA dapat saja (tetapi tidak wajib) menawarkan Voucher kepada Pelanggan. Dengan diterimanya Voucher tersebut oleh Pelanggan, maka Pelanggan setuju untuk tidak memberikan tuntutan lebih lanjut terhadap INDOCREMA.
  7. Kegagalan pengiriman Produk: Pelanggan gagal menerima pengiriman Produk dikarenakan kesalahan dan/atau kelalaian :
    1. Pelanggan sendiri, maka tanpa mengurangi hak kami sebagai Penjual, kami dapat memutuskan untuk mengakhiri atau membatalkan Pesanan atau Kontrak Pelanggan. Jika dalam hal ini, Pelanggan telah membayarkan pembayaran atas Produk, maka INDOCREMA tidak bertanggung jawab untuk mengembalikan pembayaran (refund) atas Pesanan tersebut kepada Pelanggan.
    2. Jasa Pengiriman yang ditunjuk oleh Pelanggan sendiri, maka INDOCREMA dapat saja (tetapi tidak wajib) menawarkan Voucher kepada Pelanggan. Dengan diterimanya Voucher tersebut oleh Pelanggan, maka Pelanggan setuju untuk tidak memberikan tuntutan lebih lanjut terhadap INDOCREMA.

D. Harga Produk

  1. Harga Produk Terdaftar: Harga yang harus dibayar oleh Pelanggan sesuai Invoice / Tagihan dari INDOCREMA dan merupakan harga yang diperlihatkan pada saat Pelanggan melakukan Konfirmasi Pembayaran pesanan di Platform. Harga Produk yang ditawarkan dan dicantumkan di Platform dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kepada kebijakan kami. Kami berhak untuk mengubah Harga Produk dan perubahan Harga tersebut akan ditampilkan pada surat penawaran Produk terkait (Quotation dan / atau Invoice) sehingga Pelanggan dapat mengetahui Harga Produk yang diperbaharui sebelum melakukan pembayaran.
  2. Pajak: Harga Produk yang dijual oleh INDOCREMA melalui Platform sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) yang besarnya adalah 10% dari harga total produk yang dibeli / dipesan Pelanggan. Dalam hal ini untuk penulisan di Faktur Pajak, kami memerlukan data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda Pribadi atau NPWP Badan jika Anda mewakili Perusahaan / Lembaga / Instansi / Yayasan dimana Anda bekerja, yang dapat disampaikan kepada kami melalui Platform dan / atau Layanan di halaman Pesanan Barang atau melalui email/Telegram/Whassapp. Anda dapat menanyakan kepada kami secara langsung di bagian “Catalog Produk” untuk mendapatkan faktur pajak resmi yang dikeluarkan oleh aplikasi resmi Kantor Pelayanan Pajak, yakni aplikasi e-TaxInvoice, oleh karena itu Anda wajib memberikan Data NPWP Anda tersebut, atau NPWP Badan jika Anda mewakili Perusahaan / Lembaga / Instansi / Yayasan.

E. Pembayaran

  1. Umum: Anda dapat membayar Produk menggunakan salah satu metode pembayaran yang ditentukan oleh INDOCREMA. Bila Anda menempatkan Pesanan, pembayaran yang sebenarnya hanya akan dikenakan pada saat penerimaan Pesanan Penjual dan pembentukan Kontrak Pelanggan. Semua pembayaran harus dilakukan kepada INDOCREMA, Anda mengakui bahwa INDOCREMA berhak untuk mengumpulkan pembayaran dari Anda. Metode pembayaran yang tersedia adalah melalui bank transfer langsung ke rekening a.n PT INDOCREMA DAMAI SEJAHTERA, dan melalui DOKU Walet MYSHORTCART yang link pembayaran DOKU Walet tersebut ada setelah anda mengklik tombol “BELI”. INDOCREMA dapat saja memutuskan untuk mengakhiri atau membatalkan Pesanan atau Kontrak Pelanggan jika Pelanggan atau pembayaran Pelanggan tidak memenuhi ketentuan. Jika dalam hal ini, Pelanggan telah membayarkan pembayaran atas Produk maka kewajiban INDOCREMA terbatas pada pengembalian pembayaran (refund) atas pembayaran Pesanan tersebut kepada Pelanggan
  2. Persyaratan tambahan: Untuk memastikan keamanan dalam bertransaksi, bagi kepentingan Pelanggan, dan INDOCREMA sebagai penjual dan penyedia Platform, INDOCREMA berhak untuk meminta informasi tambahan kepada Pelanggan untuk melakukan verifikasi pembayaran atas Produk yang dipesan.
  3. Metode pembayaran: Pelanggan harus mengikuti ketentuan yang berlaku atas metode pembayaran. INDOCREMA dapat mengubah, menambahkan atau menghentikan, untuk sementara atau seterusnya suatu metode pembayaran. Sebelum diberlakukan, INDOCREMA akan mempublikasi perubahan, penambahan atau penghentian suatu metode pembayaran melalui Platform agar dapat diketahui oleh Pelanggan.
  4. Pembayaran dengan Voucher & Promo: Jika Anda menggunakan Voucher, maka Syarat & Ketentuan Voucher sebagaimana tertera pada Platform akan berlaku. Untuk diskon atau promo pihak ketiga (bank atau partner lainnya) maka berlaku syarat dan ketentuan atas promo tersebut. Pesanan atau pembayaran Pesanan yang tidak sesuai dengan Syarat & Ketentuan Penjualan ini, dapat dibatalkan oleh INDOCREMA.
  5. Kegagalan pembayaran: Pelanggan yang telah membayarkan kewajiban pembayaran atas pembelian/pemesanan Produk maka Pelanggan wajib mengisi Formulir Konfirmasi Pembayaran di Platform. Jika Pelanggan gagal melakukan pembayaran sesuai dengan syarat dan ketentuan dari metode pembayaran yang dipilih pelanggan sendiri ; pembayaran yang tidak dapat di verifikasi oleh sistem pembayaran atau bank, maka tanpa mengurangi hak atau upaya hukum INDOCREMA sebagai Penjual, kami berhak untuk membatalkan Kontrak Pelanggan atau menangguhkan pengiriman Produk sampai pembayaran atas Produk terverifikasi dan/atau dibayar penuh.
  6. Pengembalian Dana Pembayaran: Pengembalian Dana Pembayaran dikarenakan klausal E.1
    1. Semua pengembalian dana akan dilakukan melalui mekanisme pembayaran asal kepada orang yang membuat pembayaran asal.
    2. Kami tidak memberikan jaminan apapun dalam akurasi waktu masuknya pengembalian dana ke rekening Anda. Proses pembayaran mungkin memerlukan waktu dan tunduk pada masing-masing bank dan/atau waktu dari proses internal penyedia sistem pembayaran.
  7. Semua biaya yang berkaitan dengan proses pengembalian yang dikenakan oleh bank dan/atau penyedia sistem pembayaran akan ditanggung oleh kami.
  8. Kami berhak untuk melakukan perubahan mekanisme refund atau pengembalian dana tanpa kewajiban seperti yang tertulis dalam pemberitahuan sebelumnya.

F. Pengembalian / Perbaikan / Penggantian

  1. Semua pengembalian harus dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan dalam Kebijakan Pengembalian. Penjual tidak berkewajiban untuk menyetujui pengembalian kecuali semua instruksi diikuti. Jika kami setuju untuk pengembalian, kami akan memberikan penggantian produk ke alamat Anda.
  2. Pengembalian yang diijinkan: Sesuai dengan Klausal F.1, dalam jangka waktu 14 hari terhitung sejak tanggal pengiriman produk, Anda dapat mengembalikan Produk jika:
    1. menerima produk yang secara fundamental berbeda dari Spesifikasi Produk di Platform dan / atau yang tertulis dalam Invoice, dan / atau yang ditetapkan dalam Kontrak Pelanggan; atau
    2. menerima Produk yang rusak:
      Jika Pelanggan menerima produk yang rusak maka kewajiban INDOCREMA hanya terbatas pada pengembalian dana, INDOCREMA tidak wajib mencarikan produk pengganti untuk Pelanggan.
  3. Penggantian Produk: Penggantian Produk dilakukan hanya jika INDOCREMA telah setuju. Jika INDOCREMA telah setuju memberikan penggantian Produk atau telah setuju untuk memberikan pengembalian dana kepada Pelanggan, Produk dan seluruh komponen, lengkap dengan kemasannya dan seluruh isinya, wajib dikembalikan atau dikirim kembali ke kami secepatnya dengan biaya pengiriman ditanggung oleh Pelanggan.
  4. Resiko kerusakan atau kehilangan: Pada saat Produk telah berpindah tangan dari kurir kepada Pelanggan atau orang lain yang mewakili Pelanggan, atau orang yang Pelanggan tuju/tunjuk atau pihak yang berwenang untuk menerima barang di kantor atau hunian, maka risiko kerusakan atau hilangnya Produk berada pada Pelanggan. Kami akan memastikan kurir untuk selalu mendapatkan nama jelas penerima barang dan waktu (tanggal/bulan/tahun) diterimanya Barang oleh penerima Barang.

G. Pertanyaan dan keluhan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan, silahkan hubungi INDOCREMA  menggunakan Formulir “Hubungi Kami”, atau dengan menghubungi email Customer Service kami, selanjutnya INDOCREMA akan menjawab pertanyaan dan keluhan Anda sesegera mungkin.

H. Pemutusan

  1. Pembatalan oleh Anda: Kami memberi waktu pembatalan Kontrak Pelanggan dalam 1 x 24 jam sebelum dan / atau setelah kami memeriksa dan telah menerima Pembayaran Anda. Media komunikasi untuk pemberitahuan pembatalan Anda adalah melalui Layanan resmi di Platform, atau email mailto:ids.pt@indocrema.co.id. Selanjutnya Anda tidak dapat membatalkan Kontrak Pelanggan setelah kami sebagai Penjual telah membelanjakan Pembayaran Anda untuk membeli bahan baku, telah memproses pembuatan barang pesanan (meski masih desain, setting dan atau layout untuk pembuatan Film, CTCP, dan proses prepress yang lain), apalagi proses telah sampai ke pengiriman Produk. Jika Pembayaran Anda atas pembelian/pemesanan Produk telah dibelanjakan Bahan, atau sudah sampai proses pembuatan dan / atau dikirim, Anda tidak dapat meminta kembali Pembayaran Anda atas Pembelian Produk tersebut.
  2. Pembatalan oleh kami: Tanpa mengesampingkan hak lain yang diatur dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, INDOCREMA sebagai Penjual Tunggal dapat membatalkan atau menangguhkan pengiriman Produk dengan segera setelah melalui pemberitahuan tertulis dan/atau secara lisan melalui Customer Service kepada Pelanggan dalam hal terjadinya salah satu dari peristiwa berikut:
    1. Stok Produk habis atau belum / tidak tersedia, dan atau harus dibuat terlebih dahulu;
    2. Pelanggan melanggar kewajiban berdasarkan Kontrak Pelanggan, Syarat & Ketentuan Penggunaan, Syarat & Ketentuan Penjualan, atau ketentuan lain yang berlaku di Platform;
    3. Pelanggan ditetapkan pailit oleh pengadilan atau badan yang berwenang;
    4. Kecurigaan atas adanya fraud atau kecurangan dalam bentuk apapun berdasarkan kebijakan atau investigasi INDOCREMA;
  3. Para Pihak sepakat: untuk mengesampingkan Pasal 1266 KUHPerdata Indonesia sehingga pemutusan Kontrak Pelanggan baik yang dibuat oleh Anda atau kami sebagai Penjual akan dilakukan tanpa memerlukan persetujuan atau keputusan pengadilan atau lembaga lain di dalam wilayah Republik Indonesia.

I. Risiko dan Kepemilikan Barang

  1. Kepemilikan Produk: tidak akan berpindah ke Pelanggan sampai pembayaran atas Produk telah diterima INDOCREMA secara penuh (termasuk Biaya PPN dan Biaya Pengiriman) atas harga Produk.
  2. Dengan ini Pelanggan membebaskan INDOCREMA, semua petugas, karyawan, dan direktur, atas semua kerusakan, kerugian dan biaya-biaya lain serta beban biaya hukum yang dikeluarkan oleh Pelanggan sehubungan dengan pernyataan dan penegakan hak INDOCREMA terhadap Syarat & Ketentuan Penjualan ini.

J. Pembatasan Tanggung Jawab

  1. Tanggung Jawab Maksimal: Kewajiban maksimum kami kepada anda untuk semua kerugian, yang timbul dari atau berhubungan dengan penjualan produk dalam setiap kontrak pelanggan, hanya berupa Voucher yang tidak akan melebihi jumlah yang anda bayar dalam kontrak pelanggan tersebut.
  2. Pengecualian Tanggung Jawab: INDOCREMA tidak bertanggung jawab kepada anda untuk setiap kerugian apapun atau apapun penyebabnya (apapun bentuknya) yang timbul langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan: (i) pengiriman oleh jasa pengiriman yang dipilih oleh anda; (ii) penggunaan produk yang salah oleh anda, atau penjualan kembali produk oleh anda; dan (iii) setiap cacat yang timbul dari kerusakan, penyalahgunaan, kelalaian, kecelakaan, penyimpanan tidak normal dan atau kondisi penggunaan, perubahan atau modifikasi produk dan / atau kegagalan mematuhi instruksi kami sebagai penjual terhadap penggunaan produk (baik lisan ataupun tertulis).

K. Umum

  1. Referensi untuk “INDOCREMA”: Istilah “INDOCREMA” dalam Syarat dan Ketentuan Penjualan ini berlaku baik untuk tindakan INDOCREMA atas nama PT.Indocrema Damai Sejahtera, yang berkedudukan di Jl. Plamongan Indah C 13 / No. 29 Semarang atau sebagai Penjual Tunggal, sebagai Pembuat Barang Pesanan, sebagai Desainer Barang Pesanan, sebagai operator dan / atau admin Platform, atau sebagai customer service bagi anda.
  2. Hak Upaya Hukum atau remedi : klausa – klausa Syarat & Ketentuan Penjualan ini, adalah tanpa prasangka serta yang kami miliki berdasarkan hukum atau keadilan, dan tidak ada ketentuan yang akan menghalangi atau mencegah hak upaya hukum atau remedi kami tersebut berdasarkan hukum yang berlaku.
  3. Jika suatu saat ada ketentuan disini menjadi ilegal: saat terdapat Ketentuan Penjualan ini sebagiannya menjadi ilegal, tidak sah atau tidak dapat diterapkan dalam hal apapun, maka legalitas, validitas dan keberlakuan dari ketentuan lainnya dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini tidak akan terpengaruh atau berkurang karenanya, dan akan terus berlaku.
  4. Hak Pihak Ketiga: Seseorang atau pihak yang bukan merupakan pihak yang tunduk pada Syarat & Ketentuan Penjualan ini, tidak berhak berdasarkan hukum apapun dan yurisdiksi manapun untuk menjalankan ketentuan dari Syarat & Ketentuan Penjualan ini.
  5. Hukum yang Berlaku: Penggunaan Platform dan/atau Layanan dan Syarat & Ketentuan Penjualan ini, diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pada yurisdiksi eksklusif pengadilan negeri Semarang.
  6. Bantuan Hukum: Kami dapat mencari atau menggunakan bantuan hukum dengan segera berdasarkan itikad baik untuk menangani pelanggaran atau tidak dipatuhinya Syarat & Ketentuan Penjualan ini, adalah sedemikian rupa sehingga perintah penahanan sementara atau langsung ganti-rugi lainnya adalah satu-satunya yang sesuai atau memadai.
  7. Perubahan: Kami dengan pemberitahuan melalui Platform atau dengan metode lain seperti yang kami inginkan (yang mungkin termasuk pemberitahuan melalui e-mail), dapat merubah Syarat & Ketentuan Penjualan yang berlaku pada tanggal yang kami tentukan melalui cara di atas. Jika Anda menggunakan Platform atau Layanan setelah tanggal tersebut, Anda dianggap telah menerima perubahan tersebut. Jika Anda mau menerima atau menolak perubahan tersebut, Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan Platform dan / atau Layanan. Hak kami untuk merubah Syarat & Ketentuan Penjualan tersebut di atas dapat dilaksanakan tanpa persetujuan dari setiap orang atau badan yang bukan merupakan pihak berdasarkan Syarat & Ketentuan Penjualan ini.
  8. Koreksi kesalahan: Setiap kesalahan ketik, administrasi atau kesalahan lainnya atau kelalaian dalam penerimaan surat Quotation dan / atau Invoice Tagihan, Faktur Pajak atau dokumen lainnya yang terjadi pada sisi kami akan menjadi bahan perbaikan yang dilakukan oleh kami.
  9. Mata uang: Uang yang berkaitan dengan Syarat & Ketentuan Penjualan ini adalah dalam mata uang Rupiah Indonesia.
  10. Catatan Percakapan Mengikat: Anda mengakui dan menyetujui bahwa setiap catatan melalui aplikasi Email, Whatsapp, Telegram, FB Messenger, Instagram (termasuk catatan dari setiap percakapan telepon terkait dengan Layanan, jika ada) dikelola oleh kami dan  bersifat mengikat pada Anda untuk semua tujuan apapun dan menjadi bukti dari setiap informasi dan / atau data yang dikirimkan antara kami dan Anda. Anda setuju bahwa semua catatan tersebut diterima sebagai bukti dan bahwa Anda tidak akan membantah kehandalan, akurasi atau keaslian catatan tersebut dengan alasan karena catatan tersebut dalam bentuk elektronik atau hasil dari sistem komputer.
  11. Pengalihan: Anda tidak dapat mengalihkan hak dan kewajiban Anda atas Syarat & Ketentuan Penjualan ini tanpa izin tertulis sebelumnya dari kami.
  12. Force Majeure: Kami dilepaskan dari perrtanggung-jawaban atas wanprestasi, kesalahan, gangguan atau keterlambatan dalam pelaksanaan kewajiban atau untuk setiap ketidak-akuratan, atau ketidak-sesuaian di Platform dan / atau isi Layanan, jika hal tersebut disebabkan secara keseluruhan atau sebagian, langsung atau tidak langsung, oleh suatu peristiwa atau kegagalan yang disebabkan Force Majeur atau Keadaan Memaksa.

 

Lampiran 1

Definisi and Interpretasi

A. Definisi

Kecuali konteksnya menentukan lain, ungkapan berikut akan memiliki arti sebagai berikut dalam Ketentuan Penjualan ini:

  1. “Hari Kerja” berarti hari kerja pegawai (tidak termasuk hari Sabtu dan Minggu) dimana bank umum terbuka untuk bisnis di Indonesia, tetapi penerimaan transaksi pembayaran di Platform kami dan / atau layanan hari kerja adalah buka 7 hari kerja dan 24 jam nonstop (sifat dari online).
  2. “Pelanggan” berarti Pembeli dan/atau Pemesan baik atas nama pribadi atau mewakili perusahaan / lembaga / instansi / yayasan tempat yang bersangkutan bekerja saat mendaftar dan memiliki akun di INDOCREMA serta individu berusia di atas 18 tahun atau yang di bawah 18 tahun namun dengan perwakilan dan/atau pengawasan orang tua atau wali yang sah atau guru yang mewakili sekolah dan/atau pengguna yang sah dari Platform dan/atau Layanan.
  3. “Kontrak Pelanggan” harus seperti yang didefinisikan dalam Klausul B.6.
  4. “Kekayaan Intelektual” berarti semua hak cipta, paten, inovasi utilitas, merek dagang dan merek layanan, indikasi geografis, nama domain, hak desain tata letak, desain terdaftar, hak desain, hak database, nama dagang atau bisnis, hak melindungi rahasia dagang dan rahasia informasi, hak melindungi goodwill dan reputasi, dan semua hak kepemilikan yang sama atau terkait lainnya dan semua aplikasi yang sama, baik saat ada atau dibuat di masa depan, di mana saja di dunia, apakah terdaftar atau tidak, dan semua manfaat, hak istimewa, hak untuk menuntut, memulihkan kerusakan dan mendapatkan bantuan atau solusi lainnya untuk setiap masa lalu, pelanggaran saat ini atau masa depan, penyalahgunaan atau pelanggaran hak-hak tersebut di atas.
  5. “INDOCREMA”, “kami” merujuk kepada PT. Indocrema Damai Sejahtera, Sebuah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia dan beralamat terdaftar di Jl. Plamongan Indah C 13 No. 29 RT 004 RW 016 Kelurahan Plamongan Sari Kec. Pedurungan Kota Semarang Jawa Tengah, Indonesia.
  6. “Harga Produk Terdaftar” berarti harga produk yang tercantum untuk dijual kepada pelanggan, sebagaimana tercantum pada Platform.
  7. “Kerugian” berarti semua penalti, kerugian, jumlah penyelesaian, biaya (termasuk biaya hukum dan biaya pengacara), biaya, pengeluaran, aksi, proses, klaim, tuntutan dan kewajiban lainnya, yang dapat di duga atau tidak.
  8. “Material” atau materi berarti, secara kolektif, semua halaman web pada Platform, termasuk informasi, konten, gambar, link, suara, video, software, aplikasi dan bahan lain yang ditampilkan atau tersedia pada Platform dan fungsi atau layanan yang disediakan di Platform.
  9. “Pesanan” atau “Order” berarti pesanan Anda untuk produk melalui Platform sesuai dengan Syarat & Ketentuani Penjualan.
  10. “Password” mengacu pada password yang valid milik Pembeli/Pelanggan/Pemesan yang memiliki akun di INDOCREMA yang dapat digunakan dengan Username untuk mengakses Platform dan / atau Layanan terkait.
  11. “Data Pribadi” berarti data, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi atau mencari Anda. Data Pribadi bisa termasuk nama, alamat e-mail, alamat penagihan, alamat pengiriman, nomor telepon. “Data Pribadi” termasuk setiap data yang Anda berikan kepada kami ketika mengisi Formulir Order Pesanan, Formulir Konfirmasi Pembayaran, Formulir Pesanan Jasa Pengiriman, Formulir Kontak, Formulir Komentar, Formulir Jejak Kunjungan Tamu, Formulir lain yang termuat di Platform dan / atau Layanan. “Data Pribadi” akan dianggap termasuk setiap data yang Anda berikan kepada kami ketika menempatkan Order.
  12. “Platform” berarti: a) website yang dioperasikan dan/atau dimiliki oleh INDOCREMA yang saat ini terletak di URL berikut: www.indocrema.co.id; dan b) halaman INDOCREMA di aplikasi sosial media dan aplikasi android dan / atau iOS yang dibuat dari waktu ke waktu oleh INDOCREMA.
  13. “Produk” berarti: produk yang tersedia untuk dijual ke pelanggan di Platform.
  14. “Penjual” berarti: INDOCREMA sebagai penjual produk seperti yang dijelaskan dalam Klausul B.3.
  15. “Layanan” berarti: layanan, informasi dan fungsi yang disediakan oleh INDOCREMA di Platform.
  16. “Syarat & Ketentuan Penjualan” berarti: Klausul A-K dan setiap Lampiran untuk syarat dan ketentuan ini.
  17. “Syarat dan Ketentuan Penggunaan” berarti: syarat dan ketentuan yang mengatur penggunaan Pelanggan di Platform dan / atau Layanan yang ditetapkan di syarat-dan-ketentuan/
  18. “Trademark” berarti: merek dagang, merek layanan, nama dagang dan logo yang digunakan dan ditampilkan pada Platform.
  19. “Username” mengacu pada: nama identifikasi login unik atau kode yang mengidentifikasi Pelanggan yang memiliki akun di INDOCREMA.
  20. “Voucher” berarti: voucher yang dapat digunakan oleh Pelanggan atas pembayaran pembelian pada Platform, berdasarkan dengan syarat dan ketentuan di Platform.
  21. “Anda” merujuk pada: Pelanggan, Pembeli dan/atau Pemesan baik atas nama pribadi atau mewakili perusahaan / lembaga / instansi / yayasan tempat yang bersangkutan bekerja saat mendaftar dan memiliki akun di INDOCREMA serta individu berusia di atas 18 tahun atau yang di bawah 18 tahun namun dengan perwakilan dan/atau pengawasan orang tua atau wali yang sah atau guru yang mewakili sekolah dan/atau pengguna yang sah dari Platform dan/atau Layanan.

B. Interpretasi

     Interpretasi:

 

  1. Setiap acuan pada Syarat & Ketentuan Penjualan untuk setiap ketentuan harus ditafsirkan sebagai acuan bahwa ketentuan tersebut sebagaimana telah diubah, diberlakukan kembali atau diperpanjang pada waktu yang relevan. Dalam Perjanjian, setiap kali kata “termasuk”, ” digunakan, akan dianggap sebagai “tanpa batasan”. Kecuali ditentukan lain, semua referensi untuk hari adalah hari kalender, dan “bulan” atau “bulanan” mengacu bulan kalender. Setiap Judul tidak di jadikan interpretasi atas Syarat & Ketentuan Penjualan ini, jika terjadi konflik atau inkonsistensi antara dua atau lebih ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Penjualan ini, apakah ketentuan tersebut tercantum dalam dokumen yang sama atau berbeda, konflik atau inkonsistensi tersebut maka INDOCREMA akan menentukan ketentuan yang berlaku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*